Pages

Microsoft Umumkan Windows Mobile 6.5, MyPhone

Pada acara Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, terlihat sekali kalau Microsoft ingin menghebohkan kembali bisnis mobile-nya dengan mengumumkan versi baru untuk sistem operasi mobile, Windows Mobile 6.5. Selain itu, perusahaan raksasa ini juga telah mengkonfirmasikan adanya versi baru Interner Explorer (IE) 6, "MyPhone": sebuah aplikasi untuk mem-back up dan sinkronisasi kontak, foto, atau data lain yang tersimpan di dalam alat mobile dan yang terakhir adalah toko aplikasi Microsoft Mobile.

Windows Mobile 6.5

Windows Mobile 6.5 (WM 6.5) menghadirkan user interface (UI) baru dengan tampilan "honeycomb" dengan tekstur hexagonal untuk setiap program, didesain untuk mempermudah penggunaan layar sentuh pada ponsel. Start menu juga bisa dikustomisasi dengan berbagai aplikasi Internet, seperti laporan saham atau cuaca yang diperbaharui secara otomatis. "iPhone juga memiliki aplikasi prakiraan cuaca, tapi Anda harus menjalankan aplikasi tersebut untuk meng-updatenya," kata Scott Rockfeld, direktur dari Grup Windows Mobile.



Secara keseluruhan, UI WM 6.5 didesain untuk memudahkan penggunaan jari tangan dalam mengoperasikan berbagai macam ponsel berbasis Windows Mobile. Tampilan layar utama pun mirip dengan Zune, yang mungkin menyebabkan bermunculannya gosip Zune Phone.

Fitur lain dari WM 6.5 memungkinkan pengguna untuk mengakses semua pesan berupa suara dan teks, maupun informasi lainnya langsung dari halaman depan ponsel mereka. Rockfeld mengatakan kalau pengguna bisa langsung melakukan unlock dari ikon yang langsung membawanya ke aplikasi yang tepat dan langsung siap dijalankan. Dan lagi-lagi Rockfeld membandingkan WM 6.5 dengan iPhone, di mana untuk fungsi yang sama, iPhone harus dinyalakan terlebih dahulu, melakukan unlock, masuk ke dalam aplikasi telepon barulah kita bisa memiliih pesan suara.

Internet Explorer Mobile

Versi baru dari IE Mobile dibuat berdasarkan IE 6 (padahal sekarang Microsoft sudah dalam tahap merampungkan IE 8 untuk PC). Penambahan terbaru untuk versi mobile ini adalah kemampuan untuk menampilkan berbagai situs di layar ponsel seperti layaknya di PC.

Microsoft My Phone



Fitur Microsoft My Phone (MMP), yang diumumkan pada awal bulan ini didesain untuk mem-back up kontak, foto, kalender, dan data lain yang tersimpan dalam ponsel pada sebuah situs yang terlindungi oleh password. Sayangnya, layanan gratis ini masih terbatas untuk beberapa pengguna yang mendapatkan undangan saja. Walaupun begitu, kabar baiknya adalah MMP juga hadir untuk WM 6.0 dan 6.1.

Microsoft Mobile Store / Marketplace

Akhirnya, Microsoft memberikan tantangan juga terdapat toko aplikasi milik Apple yang sudah sukses terlebih dahulu di pasar. Sejauh ini, para konsumen membeli aplikasi Windows Mobile melalui "carrier" atau situs-situs seperti Handango. Konsep toko ini akan memungkinkan para pengguna untuk mengunduh aplikasi langsung dari ponsel mereka. Tidak hanya sampai di situ saja, masih ada beberapa detil lain yang masih belum disingkap semua oleh Rockfeld, tapi kemungkinan adalah seputar mobile operator billing.

Microsoft Recite

Fitur yang terakhir ditawarkan Microsoft adalah Recite, yang memungkinkan pengguna untuk merekam suara atau file audio lainnya pada ponsel yang menggunakan WM, dan kemudian mencari kata kunci pada rekaman tersebut dengan menggunakan suara si pengguna.

Selain dengan fitur-fitur baru, Microsoft juga telah menanda tangani kontrak kerja sama dengan LG, yang menyatakan kalau Windows Mobile akan menjadi sistem operasi pertama untuk produk-produk LG, di mana LG sendiri akan meluncurkan sekitar 50 alat yang menggunakan Windows Mobile.(Blog.Seattletime.Nwsource)
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011Seputar Teknologi ∙ Designed by BangunBlogger
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0